Tutorial Kursus SEO Mengoptimasikan Blog Dengan Mudah

Kursus SEO Terbaik – Ada banyak cara untuk meningkatkan sebuah peringkat blog agar bisa masuk ke halaman utama mesin pencari. Dengan mengoptimalkan hal tersebut, pemilik blog akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena blog yang dibangun akan mudah dikenal banyak orang secara luas.

Dibawah ini Anda akan membahas, bagaiman optimasi blog yang baik dan cepat. dimana peran kata kunci menjadi penting untuk tetap diperhatikan dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar kecepatan load yang dipegang lebih kuat dari sebelumnya.

SEO memiliki banyak metode dalam prakteknya, tetapi ada beberapa metode yang bersifat sentral sehingga blog tersebut dapat memiliki peringkat yang baik. Lantas bagaimana optimasi blog dengan SEO untuk meningkatkan peringkat?

  1. Selalu mengutamakan tampilan versi mobile

Memiliki indeks Google Mobile mengharuskan Anda untuk mengoptimalkan blog dengan memprioritaskan versi mobile. Jika Anda tidak tahu apa itu Indeks Google Mobile, itu adalah cara untuk merayapi atau mengindeks Google, yang memprioritaskan versi blog mobile untuk peringkat.

Indeks kebijakan pertama untuk perangkat mobile muncul karena jumlah perangkat mobile lebih tinggi daripada komputer desktop di Internet saat ini. Hal tersbeut sangat konsisten dengan statistik penggunaan mobile dan desktop di Internet di Amerika Serikat sekarang.

Menggunakan Google Mobile First Index, versi blog Anda harus benar-benar dipikirkan dan dioptimalkan dengan baik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika Google memprioritaskan kinerja blog mobile untuk perayapan. Ini berarti bahwa versi mobile yang buruk dari nilai kinerjanya akan memengaruhi SEO dan peringkat blog

Bagaimana cara mengoptimalkan versi blog mobile?

  • Gunakan tema yang responsif dan mobile

Sebagian besar tema WordPress saat ini mobile dan responsif. Bagi Anda yang tidak tahu apakah blog Anda cocok untuk perangkat mobile atau tidak dapat mengunjungi blog Google resmi untuk menguji perangkat mobile.

  • Desain mobile menjadi prioritas utama

Jika Anda dulu memberi prioritas tinggi pada desain blog komputer desktop, maka sekarang untuk versi mobile lebih Anda prioritaskan.

  • Menginkatkan kecepatan blog

Kecepatan adalah masalah utama pengoptimalan blog. Menurut survei yang dilakukan oleh Google, 53 persen pengguna Internet akan meninggalkan blog yang memuat lebih dari 3 detik. Karenanya, Google merekomendasikan agar kecepatan blog web tidak lebih dari 3 detik, dan 5 detik maksimalnya.

  • Gunakan bantuan plugin

Banyak plugin yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan versi mobile. Plugin seperti Jetpack dari WordPress, AMP, plugin cache, dan banyak jenis lainnya.

  • Optimasi Teknis SEO

SEO secara teknis menjadi masalah utama dalam optimasi blog, optimasi SEO menjadi suatu keharusan bagi semua pemilik blog. Saat ini ada banyak alat yang mendukung optimasi SEO teknis. Dengan banyak alat SEO yang tersedia, mengaudit SEO bukan lagi tugas yang sulit.

Untuk menyederhanakan optimasi teknis SEO, Anda kursus seo terbaik harus memahami dasar-dasar SEO terlebih dahulu. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO? Lihat penjelasan berikut:

Cara mengoptimalkan blog dengan SEO teknis

  • Pastikan blog Anda sudah dalam versi mobile

Seperti yang dijelaskan dalam paragraf pertama. Blog Anda harus sudah dalam versi mobile untuk meningkatkan SEO. Jadi untuk saat ini, pastikan blog Anda mobile-friendly.

  • Periksa kesalahan kode status dan perbaiki

Keberadaan kesalahan kode status dapat memengaruhi blog SEO, jadi temukan kesalahan dengan memeriksa kode yang salah tersebut. Setelah Anda menemukan kode kesalahan, Anda dapat meningkatkan blog nantinya.

  • Periksa robot.txt di blog

Pastikan tidak ada kesalahan pada meta tag yang dapat memblokir bot Google. Jangan lupa untuk melakukan optimasi robot.txt jika hal ini harus dikerjakan.

  • Periksa indeks blog

Cek juga kinerja indeks blog Anda, Disini Anda dapat memeriksa indeks blog melalui konsol pencarian Google. Periksa dan perbaiki masalah yang ditemukan, kemudian lakukan optimasi blog yang diperlukan.

  • Audit blog

Kontrol statistik lalu lintas blog Anda di Google Analytics untuk membuat audit kecil. Sebaiknya Anda dapat menemukan, meningkatkan, atau menonaktifkan konten yang tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat melihat waktu kunjungan, durasi, dan rasio dari pengunjung blog. Kemudian audit semua data yang Anda kumpulkan menggunakan Google Analytics.

  • Koreksi link rusak

Link rusak akan memengaruhi SEO dan peringkat blog Anda. Periksa link ke blog Anda, saat ini ada banyak blog yang menyediakan halaman khusus untuk menemukan link. Setelah itu, perbaiki atau hapus link tersebut.

  • Submit Sitemap

Lakukan juga submit sitemap blog Anda ke konsol pencarian Google. Mengirimkan data ini akan membantu mempercepat indeks posting artikel terbaru di blog Anda nantinya.

  • Optimalkan kecepatan blog

Optimasi kecepatan blog menjadi penting. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kecepatan blog. Karena kecepatan halaman secara langsung mempengaruhi lalu lintas dan konversi.

Kecepatan blog yang rendah menciptakan kesan buruk bagi pengunjung, jadi Google menganggap kecepatan halaman sebagai faktor peringkat.

Cara mengoptimalkan kecepatan blog

  • Pilih hosting dengan baik

Pilihan hosting sangat memengaruhi kecepatan blog. Pilih hosting terbaik yang dapat membuat blog Anda lebih cepat.

  • Minimalkan permintaan HTTP

Salah satu optimasi blog yang harus Anda kerjakan adalah meminimalkan permintaan HTTP untuk berbagai halaman seperti skrip, gambar, dan CSS.

  • Pengurangan file

Pengurangan ukuran file dalam arti kompresi. Dimana pengurangan ini seperti JS, CSS, gambar, HTML,dan lainnnya. Karena pengurangan file sangat mempengaruhi kecepatan blog.

  • Gunakan plugin caching

Caching blog sangat diperlukan untuk meningkatkan kecepatan optimal blog Anda. jadi Anda wajib menggunakan plugin caching tersebut.

  • Menggunakan CDN

CDN atau Jaringan Pengiriman Konten sangat berguna untuk mengoptimalkan kecepatan blog bagi pengunjung yang berlokasi di berbagai wilayah. Menggunakan CDN ini, membuat pengunjung Anda yang jauh masih dapat menjangkau dengan cepat untuk mengakses blog Anda. Inilah sebabnya mengapa CDN sangat berguna dalam optimasi blog.